the Story about Three-Teached-Touched Days

Yes, 3 hari dalam satu ‘cerita’ yang ‘mengajarkan’ dan ‘menyentuh’ bagi saya…3 hari kemarin.
Pengalaman yg terekam dalam kepala, dengan memori bermiliar-miliar giga ini, sanggup menghabiskan yaaaah kira-kira sejuta giga padahal hanya dalam 3 hari.

di stasion Schwerin sembari menunggu kereta
di stasion Schwerin sembari menunggu kereta ke Berlin

Dimulai dengan datangnya seorang teman ke rumah ini, Syanti Riski Afresia dengan membawa segudang rencana yg udh kita rancang sedemikian rupa hanya dalam bibir dan kepala. Dia datang malam ju’mat dengan sedikit keterlambatan sekitar stengah jam penyambutan dan kerpet merah dari gue…sangat senang bertemu teman yang berbahasa ibu sama…sangat senang karena tidak perlu lagi menggunakan tombol otomatis untuk bernarsis diri..kita sangat senang saling bertemu! Namun ada sedikit kecewa, karena rencana pertama yg adalah kita menonton Konser Amal Angklung, harus dikecewakan dengan komunitas Indonesia yang seperti tidak saling menyadari satu sama lainnya yang membuat aku dan Syanti terlibat diskusi 3 jam, bertukar pikiran tentang Komunitas Indonesia di Jerman, berbeda pendapat, saling tidak mau kalah, hal yg wajar, dengan kesimpulan: Manusia-Manusia Indonesia terkadang tidak punya karakter,,sperti IGUANA! Bagaimana dengan ciri khas keramah tamahan kita wahai teman?? tapi tidak..kami tetap bahagia ko di jum’at malam itu..karena Konser Angklung malam itu SANGAT SANGAT SANGAT MENAKJUBKAN!! BRAVO Anak2 angklung Hamburg! Kalian membuat kami sangat bangga dan cinta akan Indonesia,,standing applause menjadi tontonan biasa malam itu setiap angklung selesai dimainkan. Malam itu,saya serasa mendengar permainan angklung lebih besar dan jauuuh lebih besar keagungannya dibandingkan piano Mozart, Beethoven ataupun siapa lah…

Hari kedua, adalah Idul Adha di konsulat indonesia..Sedikit kesalahan dari gue dengan sotoynya bilang meyakinkan sang babeh angkat “iya beh, gue tau ko konsulat indo dimana..tenang aja turunin aja di jalan yg merknya ANU,,iya kan syan tenang ajah,,,,” bgitulah kalo diterjemahkan..tapi hidup tidak semudah itu, saya lupa,saya tidak tahu,saya bingung dimana konsulat indonesia!Dimana dimana dimana?????? aaaaaaaaaaaaaaaah tidaaaaaaaaa, dan untungnya ada suami-istri baik hati yg lumayan mbantu.Pengalaman pertama mendengar takbir berkumandang di tanah berbendera hitam-kuning-merah ini buat aku merinding, mata sdikit berkaca-kaca. Semuanya baik dan menyenangkan, mereka menyambut kami dengan hangat. Pengalaman pertama lain adalah untuk pertama kalinya gue lebaran di mesjid arab di sini. Heboh,seru juga! Semua pake rok ato gamis kecuali kita,hihihi. Then we’ll go all around Hamburg! syalalala lalala lalala,,hiasan natalnya beuh! mewah..beda bgt ma suasana lebaran di mesjid arab tadi…sampei ahirnya ting! “Han..tiket kereta pulang kita mana yah?” kata syanti..oooooowww! Debat lagi nentuin antara: hausnya kepuasan gue akan menemukan tiket ama kelogisan & sdikit ide nakal Syanti..tapi ide nakal dgn nekad naek kreta tanpa tiket ok jg! So we did it.ahahahaha untung gada satpam yg kontrol.

Konsulat Jenderal Indonesia - Hamburg tampak depan

Nah hari ketiga ini nih yg bikin gue “fiuuuuuh”-“YIPPIE!”-“Hfffft!”-“hiks hiks” ,,perjalanan ke Berlin bikin mood aku turun naik kaya maen gasing..dalam satu hari, cepet bgt dinaikan dan diturunkan…dimulai dgn lari-lari sekitar jam 3 pagi ( klo diterjemahin ke waktu matahari indonesia) dan dengan cuaca diiiiiiingiiiiiin bgt ibarat kata di lembang tapi cuma pake bikini, cuma buat ngejar kereta…fiuuuuh
but we’ve done! Kita sampe Berlin. Berlin mantap bgt dah cocok jadi ibu kota..udaranya bersih bgt dan ga tlalu dingin. Cuma semuanya terlalu perfect,alles in ordnung, rapih teuing..jadinya kaku dan ga hangat. Stelah melewati berbagai sesi pemotretan dari mulai foto bareng binatang, gedung2, sungai ampe ke orang tekenal, 2 aksi demo, dan kejadian yg bikin sport jantung dikit, yaitu pas kita agak berjauhan jarak berjalannya, ada anak kecil berwajah arab tapi berkulit putih sekitar 10 tahun lah menghadang, mukanya tuh kaya mo kencing,,di otak gue kirain mo nanya WC,
“are u speak english?” katanya,
“Yes!”
..terus dia ngasih kertas kecil gitu..hwaw gue dikasih surat cinta!hakakakakakak
But nope..sbelum gue baca tu kertas ampe selesai,
Syanti datang “jangan han jangan..” sambil geleng2 kepala..aku hanya bisa diam bengong tergugu,,ada apakah gerangan??
ehh tu anak nerjang Syanti, ngedorong sambil nyubit “What No No..”kata dia ke Syanti…
saya semakin menjadi patung, entah kenapa jiwa Shancay gue terhalang tembok Berlin, tanpa bisa menolong teman..fiuuuh maaf yaa Syan. Ternyata stelah dijelaskan, memang banyak yg menjual islam untuk meminta uang di daerah pariwisata Berlin ini, tepatnya di Brandenburger Tor..yah ga jauh beda ma yg di makam wali songo di cirebon lah, menyedihkan ya…
Pengalaman pertama lain adalah waktu di Madame Tussauds, masa ada keluarga Itali/Spanyol/apa lah dgn berbahasa ibu latin & suami istri jermano minta foto ama kita..??!! Ya Allah alhamdulillah aheeernya merasakan jg dimintain foto bareng laiknya artis dimintain foto ma bule pula,,,Subhanallah sekali! ;p

inilah bule-bule yang ngefans sama kita di Madame Tussauds Berlin

Alles gut, alles froh, alles in ordnung…yaa meskipun ada saatnya kita berdikusi dengan suasana streng cuma buat nentuin makan & solat dimana..semuanya oke. Dan aha! kita lupa buat liat jadwal kereta pulang..dengan lucunya kita baru cek jadwal sekitar jam 17.00 lebih, “aaah masih ada kereta ko jam 18.43,nyampe rumah jam 1.00 pagi karena harus ganti kereta sampai 4 kali…aah santaiiii kemana lagi nih kita??i” dengan lucunya kita kembali jalan2 ga jelas cari serpihan tembok Berlin yg ternyata ga nemu.Tibalah jam pulang..jam 18.43, ko ga muncul2 ya…jam 18.50 hmmm..jam 19.00 oh tidak harus nanya nih, untungnya ada suami istri baik hati yg dengan baiknya menjelaskan, kalo kereta yg akan kita tumpangi telat sampe jam 19.45 gara-gara ada kabel meledak yg bikin semua jaringan kacau balau…Ya sudahlah apa daya,,kita terima..ntah jam berapa nyampe Hamburg. Kita pun mengikuti petunjuk2 si ibu bule baik hati itu..sampai akhirnya kita duduk manis di kereta siap2 tidur! Tapi…
“Haaan masa dari halte ANU gada keretan ke Hamburg! ada juga jam 5 subuh!”
” WHAT!!!” asa hayaaaang ceuriiik………………hiks hiks gmn nasib gue…baru sebulan udh mo jadi gelandangan…akhirnya gw sms emak babeh angkat cuma mo ngabarin kita bakal telat.
Eeeeeeeeh ternyata si babeh ma si emak hawatiiir,,nelponin mulu ampe gw kalap bikin hati makin kalut mo ngapain2 susah, ditelponin teruuusss nanya kabar..terharu siih..emaaaaaaaaaaaaak!!! babeeeeeeeh!! ternyata kalian ada feeling sama akuh..
sang Teman merasakan hal yg sama..untuk meredakan kebingungan dan kekalutan dia liat2 foto..sampe ga sempet bantuin jawab telpon/sms babeh gue.. ;p hihihihi
eeeeh ya udah kita mikir ya udahlah pasrah cari hoteel…sesampainya di halte ANU bag 1, sang babeh telpon yg jika diterjemahkan ke dalam bahasa ibu saya menjadi:
“Maneh atos sampe teu acan?? pan bener pan ceuk aing eweuh kareta nu jam 11,,kumaha ari siah balikna?”
“teu kunaon2 abah..urang2 bade milarian hotel we di halte ANU bag. 2..tong hawatiir”
“Cicing siah.maneh salah.Dengekeun we ieu mah,,maneh tungguan di halte bag. 2 engke urang jemput! pokona mah kudu nungguan di dalem halte tong kaluar2!urang rek brangkat ayeuna!”
dan taukah kau teman2———————————————-
jarak halte ANU bag. 2 ke Hamburg brapa lama: 2 1/2 jam – 3 jam!!!! Ya Allah rasanya pengen nangis dan emang nangis,,kenapa aku yg baru sebulan disini udah ngerepotin gini…Kita berdua sama2 berkaca-kaca…merasa ga enak banget…dan gue ngerasa gue ga berguna bgt, kopong, merasa bersalah, takut sekaligus terharu………dan itu jam 12 malem, dan jaraknya kaya jakarta-bandung via cipularang……….
gue dan syanti pun menunggu dengan banyak akivitas untuk menghilang ketegangan,,haltenya alamak sepiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii bgt..cuma ada polisi dan bberapa penumpang yg lewat.
“Eh itu si babeh!”, pas liat muka si babeh dari kejauhan, gue makin deg2an…
dia pun masuk “kenapa bengong…..ayo kesini kesini..ga apa2 ko…..” kata dia dengan ceria seceria buah ceri…
semuanya baik2 aja…sampe setelah makan waktu stengah jam sekitar jam stengah 1 pagi, mobil si babeh ngadat dat dat!!! Fiuuuuuuuh apalagi iniii…..dan ternyata parah kerusakannya..mobil harus diderek! Kita pun bareng babeh harus nunggu mobil derek di jalan tol sekitar 2 jam-an….
dan itu dingiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin bgt bgt bgt, sekitar cuma ladang, mobil cepet banget..dan si babeh lari ke sana sini buat nyiapin sinyal buat si mobil derek..Ya ampuun apa sih yg udh gue perbuat sampe bisa ngerjain orang gini….ga enak bgt hatii..meskipun si babeh ngajak bercanda bagai buah mangga, berkompensasi wajah sumringah bagai buah manggah..tapii hati tetep ga tenang. Datanglah sang mobil derek…
dan ini pengalaman pertama kalinya saya menaiki mobil derek ala jermani jam 2 pagi bersama sang supir yg baru gue kenal kurang lebih semenit, babeh yg baru gue kenal kurang lebih sebulan, dan Syanti yg gue kenal selama 4 tahun…
Setelah berganti mobil dua kali,,akhirnya gue bisa tidur! Sampai rumah sekitar jam 1/2 4 pagi…dan si babeh tetep belum bisa tidur karena dia harus ngurusin mobilnya…hiks hiks ketemu si emak kita pelukan,,gue minta maaf dari hati yg paling dalam.Karena TABU bagi orang jerman, umur 18 ke atas masih ngerepotin, ampe ngejemput kaya anak tk..fiuuuu Maaf ya beh & mak..aye ga kan ngulang2 lagi….

3 hari itu….begitu banyak yang saya alami untuk pertama kali….antusias-senang-duka-bete-terharu-merasa bersalah. Semua pengalaman memberikan pengajaran bagi aku dan semoga kamu hay calon Au Pair,,carilah keluarga yg baiiik…karena gue jadi merasakan betapa hangatnya keluarga ini..semakin mengenal baik emak & babeh…Alhamdulillah. Semoga baik teruuuusss sampe setahun gue di sini, insya Allah.

dan 3 hari bersama Syanti baik senang mau pun susah memberikan kita banyak pelajaran dan pemikiran,, 3 hari itu kita juga bisa lebih saling mengenal baik + maupun –
terimakasih teman sudah menemaniku untuk setiap pengalaman pertama ini.
Bravo Syantoooooo!
Bravo Beneddine!

Hadoh, gada Mamah, Dzamar, Devan, Bapak, Teteh, Aa, Ibu buat dipeluk.. Beruang pun jadi! Missing Indonesia so much..
Missing Indonesia so much..

-Hamburg, Sunday 29 November 2009-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s